Sebagai persiapan dalam menyongsong kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran baru 2018-2019 Admin pada kesempatan tulisan artikel ini akan membagikan file perangkat pembelajaran untuk kelas VII. Perangkat pembelajaran yang Admin bagikan ini untuk pembelajaran Kurikulum 2013 pada jenjang SMP dan MTs yang tentunya perlu Bapak dan Ibu Guru miliki agar kegiatan pembelajaran di kelas VII dapat terlaksana dengan baik.
File yang Admin bagikan yaitu Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang merupakan sebuah file yang harus disiapkan oleh Guru Pendidikan Jasmani Olah raga dan kesehatan sebelum melaksankan pemberian materi/ pelajaran kepada siswa siswanya. RPP yang Admin bagikan ini dibuat berdasarkan ketentuan peraturan permendikbud nomor 22 untuk revisi K13 di tahun 2017. Bagi Anda yang pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan RPP untuk Mapel PJOK pada semester 1 ganjil dan 2 genap, Anda dapat download pada link dibawah ini selengkapnya:
Berikut Admin tuliskan sekilas gambaran dari RPP PJOK tersebut:
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial) Kompetensi Dasar
KI-2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku sportif
(fairplay dalam permainan, jujur, mengikuti
aturan, tidak menghalalkan segala cara
untuk meraih kemenangan, menerima
kekalahan dan mengakui keunggulan lawan,
mau menghargai dan menghormati),
kompetitif, sungguhsungguh, bertanggung
jawab, berani, menghargai perbedaan,
disiplin, kerja sama, budaya hidup sehat,
dan percayadiri dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
Kompetensi inti 3 (Pengetahuan) Kompetensi inti 4 (Keterampilan)
KI-3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar 3 (Pengetahuan) &
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar 4 (Keterampilan) &
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami konsep gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional
Indikator
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional
Indikator
RPP Kelas VII SMP/MTs – PJOK
3
3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai
gerak spesifik menendang,
menahan dan menggiring bola
permainan sepak bola.
3.1.2. Menjelaskan gerak spesifik
menendang, menahan dan
menggiring bola permainan sepak
bola.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan
gerakan menendang, menahan
dan menggiring bola permainan
sepak bola.
4.1.1. Melakukan gerak spesifik
menendang, menahan dan
menggiring bola permainan sepak
bola.
4.1.2. Menggunakan gerak spesifik
menendang, menahan dan
menggiring bola dalam bentuk
permainan sepak bola yang
dimodifikasi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini di harapkan peserta didik dapat :
# Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
# Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
# Melakukan sikap awal dalam melakukan tehnik tendangan kaki dalam pada sepak
dengan benar.
- Berdiri sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
- Letakkan bola di samping bagian dalam kaki depan, segaris dengan kaki belakang.
- Pandangan ke arah bola.
- Ayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola dengan sisi dalam kaki.
- Peserta didik disuruh mengamati dan merasakan perkenaan bola dengan bagian
kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.
Kemudian coba ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi
bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola..
# Mejelaskan sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
# Menjelaskan tentang cara Meletakkan bola di samping bagian dalam kaki depan,
segaris dengan kaki belakang.
# Menjelaskan tentang Pandangan ke arah bola.
# Menjelaskan cara mengayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola dengan
sisi dalam kaki.
# Menjelaskan Peserta didik disuruh mengamati dan merasakan perkenaan bola dengan
bagian kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.
Kemudian coba ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi
bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola..
D. METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan sepak bola antara lain.
# Cakupan (Inclusive).
# Demonstrasi.
# Bagian dan keseluruhan (Part and Whole).
Itulah sekilas gambaranya mengenai RPP Kelas 7 tersebut, selengkapnya mengenai file RPP tersebut dapat Bapak dan Ibu Guru unduh pada link dibawah ini:
RPP PJOK Kelas VII K13 Tahun 2018 (LINK)
Semoga RPP yang tersaji ini dapat memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran PJOK yang Bapak dan Ibu laksnakan dalam pembelajaran K13 terutama pada kelas 7.
File yang Admin bagikan yaitu Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang merupakan sebuah file yang harus disiapkan oleh Guru Pendidikan Jasmani Olah raga dan kesehatan sebelum melaksankan pemberian materi/ pelajaran kepada siswa siswanya. RPP yang Admin bagikan ini dibuat berdasarkan ketentuan peraturan permendikbud nomor 22 untuk revisi K13 di tahun 2017. Bagi Anda yang pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan RPP untuk Mapel PJOK pada semester 1 ganjil dan 2 genap, Anda dapat download pada link dibawah ini selengkapnya:
Berikut Admin tuliskan sekilas gambaran dari RPP PJOK tersebut:
KOMPETENSI INTI (KI)
Kompetensi Inti 1 (Sikap Spiritual)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Kompetensi Inti 2 (Sikap Sosial) Kompetensi Dasar
KI-2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan
pergaulan dan
keberadaannya.
2.1 Menghargai dan menghayati perilaku sportif
(fairplay dalam permainan, jujur, mengikuti
aturan, tidak menghalalkan segala cara
untuk meraih kemenangan, menerima
kekalahan dan mengakui keunggulan lawan,
mau menghargai dan menghormati),
kompetitif, sungguhsungguh, bertanggung
jawab, berani, menghargai perbedaan,
disiplin, kerja sama, budaya hidup sehat,
dan percayadiri dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
Kompetensi inti 3 (Pengetahuan) Kompetensi inti 4 (Keterampilan)
KI-3 : Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya
terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar 3 (Pengetahuan) &
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar 4 (Keterampilan) &
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami konsep gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional
Indikator
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional
Indikator
RPP Kelas VII SMP/MTs – PJOK
3
3.1.1. Mengidentifikasikan berbagai
gerak spesifik menendang,
menahan dan menggiring bola
permainan sepak bola.
3.1.2. Menjelaskan gerak spesifik
menendang, menahan dan
menggiring bola permainan sepak
bola.
3.1.3. Menjelaskan cara melakukan
gerakan menendang, menahan
dan menggiring bola permainan
sepak bola.
4.1.1. Melakukan gerak spesifik
menendang, menahan dan
menggiring bola permainan sepak
bola.
4.1.2. Menggunakan gerak spesifik
menendang, menahan dan
menggiring bola dalam bentuk
permainan sepak bola yang
dimodifikasi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini di harapkan peserta didik dapat :
# Menunjukkan sikap sportif dalam bermain.
# Menunjukkan sikap disiplin selama mengikuti pembelajaran.
# Melakukan sikap awal dalam melakukan tehnik tendangan kaki dalam pada sepak
dengan benar.
- Berdiri sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
- Letakkan bola di samping bagian dalam kaki depan, segaris dengan kaki belakang.
- Pandangan ke arah bola.
- Ayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola dengan sisi dalam kaki.
- Peserta didik disuruh mengamati dan merasakan perkenaan bola dengan bagian
kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.
Kemudian coba ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi
bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola..
# Mejelaskan sikap melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
# Menjelaskan tentang cara Meletakkan bola di samping bagian dalam kaki depan,
segaris dengan kaki belakang.
# Menjelaskan tentang Pandangan ke arah bola.
# Menjelaskan cara mengayunkan kaki belakang ke arah bola, perkenaan bola dengan
sisi dalam kaki.
# Menjelaskan Peserta didik disuruh mengamati dan merasakan perkenaan bola dengan
bagian kaki dan guliran bola, lalu temukan pola yang paling sesuai buat mereka.
Kemudian coba ubah titik perkenaan bola dengan kaki bagian dalam pada posisi
bawah, tengah, dan atas; serta amati arah jalannya bola..
D. METODE PEMBELAJARAN
Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan sepak bola antara lain.
# Cakupan (Inclusive).
# Demonstrasi.
# Bagian dan keseluruhan (Part and Whole).
Itulah sekilas gambaranya mengenai RPP Kelas 7 tersebut, selengkapnya mengenai file RPP tersebut dapat Bapak dan Ibu Guru unduh pada link dibawah ini:
RPP PJOK Kelas VII K13 Tahun 2018 (LINK)
Semoga RPP yang tersaji ini dapat memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran PJOK yang Bapak dan Ibu laksnakan dalam pembelajaran K13 terutama pada kelas 7.
Downloadnya bagaimana gan,???
BalasHapusmaksudnya bagimana pak bu? Tinggal klik saja langsun
Hapus