Panduan Pembelajaran PENJASORKES PJOK SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pada artikel kali ini Admin akan membagikan sebuah buku yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran K13 pada mata pelajaran PENJASORKES PJOK di janjang Sekolah Dasar. Buku ini merupakan implementasi dari kegiatan belajar mengajar kurikulum 2013 pada revisi 2017 yang mana mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan terpisah dari Tema (Tematik). Bagi Anda yang merupakan Guru pada mapel tersebut pada jenjang SD buku Panduan ini tentunya akan sangat bermanfaat.

Panduan ini sebagai acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran PJOK serta dapat membantu dalam memecahkan beberapa permasalahan dalam pembelajaran. Sumber buku panduan untuk pembelajaran di Kelas 4 5 6 ini dari Kementrian Pendidikan dan kebudayaan (KEMENDIKBUD). Berikut dibawah ini Admin bagikan link download dan ulasan sekilas isi dari buku panduan pembelajaran Kurikulum 2013.
Panduan Pembelajaran PENJASORKES PJOK SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Alasan mata pelajaran PJOK dipisahkan dari buku tematik terpadu adalah bahwa PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain.
  1. PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui mengobservasi dan mencontoh, kemudian melatihkannya secara berulang, tentunya dengan tidak mengabaikan pengembangan kecakapan 4C (Critical, Creative, Colaboratif, Dan Communication).
  2. Kebermaknaan pembelajaran PJOK di SD/MI salah satunya dapat ditingkatkan melalui pembelajaran PJOK dalam konteks dunia nyata siswa, hal ini salah satunya dapat dilakukan melalui pembelajaran tematik.
  3. Kebermaknaan pembelajaran merupakan energi bagi peningkatan motivasi belajar siswa. Namun ketika dikaitkan dengan tema, terdapat beberapa materi Panduan Pembelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pembelajaran PJOK yang memiliki keterbatasan dalam mengakomodir struktur dan konten PJOK secara utuh. Oleh karena itu, tidak semua materi yang berkaitan dengan KD dapat diakomodir secara cukup oleh buku tematik.
  4. Pembelajaran PJOK banyak dilakukan dengan gerakan anggota tubuh yang harus dimulai dengan pemanasan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama.
  5. Banyak gerakan-gerakan dalam pembelajaran PJOK yang tidak dipahami sepenuhnya oleh guru kelas, sehingga dapat mengakibatkan cedera bagi siswa.
  6. Pada umumnya pembelajaran PJOK mengakibatkan siswa berkeringat, sehingga mengganggu proses pembelajaran lain bila terintegrasi.
  7. Untuk memberdayakan keberadaan guru mata pelajaran PJOK yang tersedia hampir di semua SD.
Itulah sekilas penjelasan isi dari Buku Panduan yang dapat Admin tuliskan pada artikel ini selengkapnya mengenai pembelajaran PJOK dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini:
Panduan Pembelajaran PENJASORKES PJOK SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Demikian yang dapat Admin bagikan, semoga buku ini dapat memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran PJOK pada jenjang Sekolah Dasar.

0 Response to "Panduan Pembelajaran PENJASORKES PJOK SD Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar